Sunday, October 24, 2010

Orang-orang Madagascar suka menari dengan mayat

Meskipun ini bukan berita terkini dan terbaru, alias lama, tapi mungkin  banyak yang tahu tentang sebuah budaya unik dari beelahan dunia lain berikut ini, yaitu tentang keanehan orang madagaskar yang suka menari dengan mayat...


Famadihana adalah tradisi penguburan orang Malagasi di Madagaskar. Dikenal sebagai “turning of the bones”, orang-orang membawa keluar mayat nenek moyang mereka dari keluarga dan rewrap crypts mereka dalam kain yang baru, kemudian menari dengan mayat-mayat di sekitar makam. Kebiasaan Famadihana tampaknya menjadi kebiasaan baru-baru ini, atau sejak abad ketujuh belas dalam bentuk yang sekarang, meskipun mungkin merupakan adaptasi dari pramodern adat pemakaman dua kali lipat dari Asia Tenggara.

Kebiasaan itu didasarkan pada keyakinan bahwa roh-roh orang mati akhirnya bergabung dengan dunia para leluhur setelah dekomposisi lengkap tubuh dan upacara yang sesuai, yang mungkin memerlukan bertahun-tahun. Dalam Madagaskar ini menjadi ritual rutin biasanya sekali setiap tujuh tahun, dan kebiasaan membawa keluarga bersama diperpanjang dalam perayaan kekerabatan. Ini upacara termasuk upacara yang mahal, terutama karena biaya menyediakan makanan bagi sejumlah besar keluarga dan tamu.

Praktek Famadihana adalah oposisi dari beberapa organisasi Kristen. Gereja Protestan mencegah kebiasaan, meskipun Gereja Katolik tidak menolak lagi karena menganggap Famadihana sebagai murni budaya daripada religius. Sebagai satu orang Malagasi menjelaskan kepada BBC, Ini penting karena cara kita menghormati orang mati. Ini juga merupakan kesempatan bagi seluruh keluarga, dari seluruh negeri, untuk datang bersama-sama. Festival ini merupakan bagi penduduk dari dataran tinggi pusat waktu persekutuan dengan orang mati dan sarana untuk menghindari atau mengurangi rasa bersalah atau menyalahkan. Hal ini dianggap sebagai pelanggaran serius tidak mengadakan famadihana ketika salah satu secara finansial mampu melakukannya.

Festival:

The Famadihana adalah salah satu festival yang paling populer di Madagaskar. Ini adalah festival tradisional dan dirayakan di perkotaan dan pedesaan di negara itu, meskipun sangat populer di kalangan masyarakat suku. The Famadihana juga diadakan untuk memberikan penghormatan kepada orang mati melalui pemindahan tulang ke tempat tinggal permanen. Keluarga razana menghemat dana tahun semua untuk merayakan festival. Pemakaman makam ini dibangun dengan hati-hati banyak dan dianggap untuk bertindak sebagai penghubung antara orang mati dan hidup. Acara ini diselenggarakan untuk terjadi setiap 2 sampai 7 tahun.

Festival ini juga terdiri dari pengorbanan binatang dan berbagai bentuk perayaan tradisional. Daging hewan yang disembelih itu dibagikan di antara sanak keluarga dan teman-teman. Ada lagu tradisional dan pertunjukan tari yang dilakukan oleh anggota keluarga atau dari favorit dari razana (orang mati). Motif utama di balik festival berasal dari kepercayaan masyarakat setempat bahwa mati kembali kepada Allah dan dilahirkan kembali lagi. Orang mati yang sangat dihormati di masyarakat lokal karena mereka dianggap berkaitan langsung dengan Allah.

Cerita lain:
cerita lain yg ane dapet nih gan tulang2 yang mereka gali dibungkus dengan kain kafan yang baru lalu di kubur ulang, nah kain kafan yang lama ga langsung di buang, tapi di kasihkan kepada pasangan yang baru menikah tp belum memiliki keturunan, kain kafan tsb digunakan sbg cover ranjang mereka.
ini videonya gan